Nama Prodi

:

Teknik Lingkungan

Fakultas

:

Teknik

Pendirian Prodi

:

SK No.105/ D/0/ 2007

Tanggal SK pendirian PS

:

10 Juli 2007

Akreditasi Prodi

:

C (Persiapan menuju B)

Gelar

:

Sarjana Teknik (ST)

Durasi Kuliah

:

8 Semester (4 tahun

Syarat

:

 

 

a.

Ijazah SMA yang dilegalisir

 

b.

Jurusan IPA

 

c.

Jurusan IPS (Dapat dipertimbangkan dengan   beberapa kriteria)

Prospek Bidang Kerja

:

 

 

a.

Instansi Pemerintah:, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,  BPPT, Kementrian Pekerjaan Umum, BLHD, Bappeda, dll.

 

b.

Industri: Konstruksi, Energi, Manufaktur, Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Ahli Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Research & Development,HSE engineer, Tenaga Ahli dalam bidang limbah padat, cair atau udara, Tenaga Ahli Lingkungan Umum.

 

c.

Badan Riset dan Universitas: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Peneliti, Dosen

 

d.

United Nations Organizations, International Organization Donor, dan Non-Government organizations: UNEP, WWF, Greenpeace, dll.

 

e.

Wirausaha Teknik


Sekilas Mengenai Teknik Lingkungan

Teknik Lingkungan Universitas Teknologi Sulawesi (UTS) Makassar berdiri pada tanggal 10 Juli 2007 dengan No SK pendirian: 105/D/O/2007.  Sampai saat ini, Teknik Lingkungan UTS merupakan satu-satunya program studi di lingkup Perguruan Tinggi Swasta yang berada di Kota Makassar.

Program Studi Teknik Lingkungan adalah sebuah program studi yang berusaha menyelesaikan permasalahan lingkungan dengan pendekatan teknologi. Teknik Lingkungan dijabarkan sebagai pemikiran keteknikan dan keterampilan dalam memecahkan masalah pengendalian lingkungan yang menyangkut perencanaan, perancangan, pengelolaan dan pemanfaatan di bidang-bidang: Pengelolaan limbah padat (non B3 dan B3), Penanganan limbah cair, Pengendalian Pencemaran udara, Pencegahan pencemaran, Analisis mengenai dampak lingkungan, Sistem penyediaan air bersih dan Technopreneurship.

Program studi Teknik Lingkungan juga sudah memiliki beberapa tenaga dosen tetap dengan tingkat pendidikan akhir minimal S2.  Sebagian dari para dosen meraih gelar setingkat master  dan doktor dari perguruan tinggi ternama di tanah air dan luar negeri. Kurikulum Prodi Teknik Lingkungan dirancang agar para lulusan menjadi sarjana unggul berbasis technopreuner yang mampu menghadapi segala perubahan lingkungan serta memecahkan masalah-masalah di lingkup perkotaan dan industri.

Visi  Program Studi Teknik Lingkungan UTS

Menjadi Program Studi yang menghasilkan Sarjana Unggul dibidang Teknik Lingkungan yang mampu mengatasi segala tantangan, perubahan lingkungan dan memiliki jiwa technopreneur.

Misi Program Studi Teknik Lingkungan UTS

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam bidang perencanaan dan pengoperasian kegiatan yang ramah lingkungan pada lingkungan kerja, sehingga menghasilkan profil lulusan yang berkualitas, profesional, serta mampu menghadapi tantangan dan perubahan lingkungan.
  2. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi Teknik Lingkungan yang relevan dengan kebutuhan industri, lingkungan dan masyarakat.
  3. Mengupayakan penyelenggaraan pendidikan Teknik Lingkungan secara profesional dan dapat memenuhi kebutuhan serta bermanfaat bagi masyarakat luas.

Mengupayakan apresiasi masyarakat terhadap Teknik Lingkungan melalui upaya melaksanakan kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Kompetensi Lulusan

Menghasilkan Sarjana Teknik Unggul yang mampu :

  1. Menguasai teori dasar sains dan keteknikan untuk  dapat diterapkan dalam bidang teknik lingkungan.
  2. Melakukan eksperimen, menganalisis, dan menginterpretasikan data, serta merancang sistem pengolahan sampah/limbah padat, cair dan udara.
  3. Memiliki jiwa technopreneursip yang mampu berkecimpung di dunia kerja dan masyarakat.

Memiliki kemampuan sebagai peneliti untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dalam skala nasional maupun internasional.

Dosen Tetap

  1. Sattar, S.Pd, ST, M.Si, Ph.D
  2. Ramdiana, ST, M.Eng
  3. Nani Anggraini, ST, M.Eng
  4. Arif Supam Wijaya, S.IP, M.Sc
  5. Rusdi, S.Si, M.Sc
  6. Fivi Elvira Siradjuddin, ST, M.Eng
  7. Andika Munandar, S.Si, M.Eng

https://apps.unep.org/cmt/file/https://lms.unhi.ac.id/sgcr/https://avatar-api.agrinesia.co.id/lp/https://moodle.univ-tissemsilt.dz/bkl2/https://plb.gmf-aeroasia.co.id/hotpot/https://ppid.sumedangkab.go.id/img/bkl1/http://elearning.colegiomedico.hn/moodle/hus/https://kemandirianpemuda.kemenpora.go.id/https://e-learning.digital.gov.mg/sdg/https://edudept.sp.gov.lk/jum/https://pengaduan.dgip.go.id/super/https://sandbox.asclepio.id/fir/https://campusvirtual.itm.edu.co/woyo/https://elearningsmpn2cikajang.com/zplz/http://www.kreativitasteknologi.my.id/storage/dana/https://pkl.ansorjatim.or.id/pkl/https://nms-vpn.rri.go.id/https://csirt.kupangkota.go.id/gmc/http://logbook.poltekkes-manado.ac.id/dar/https://datascience.or.id/brt/https://earsip.stikesbaptis.ac.id/bsw/https://www.saudaraqu.com/tbk/https://www.yakesma.org/dna/https://traveltmc.aph.co.id/svg/https://ava.uniguacu.com.br/thaibreastcancer/https://info.avs.co.id/http://logbook.poltekkes-manado.ac.id/sterbaik/http://elearning.au.ac.ke/moodle/https://demommm.zeligzwebstore.com/public/db/https://open.unep.org/docs/https://rima.teluklamong.co.id/products/slot/https://gps.zumiot.id/assets/images/units/-/https://gebsa.ge/doc/index.htmlhttps://ircad.kaptiva.com.br/rsss/