PkM Prodi Ilmu Politik: Motivasi Pendidikan di Desa Pattaneteang Kabupaten Bantaeng

2021-12-12 10:01:52 author by budi


Dalam rangka memenuhi tugas tridharma perguruan tinggi, Program Studi Ilmu Politik, Universitas Teknologi Sulawesi (UTS) menggelar pengabdian masyarakat di Kabupaten Bantaeng, Sabtu (2/10/2021). Tepatnya di Desa Pattaneteang, Kecamatan Tompobulu. Sebuah desa yang berada di kaki gunung lomppobattang, gunung yang menaungi sejumlah daerah kabupaten di wilayah selatan dan bagian tengah Sulawesi Selatan. Pengabdian masyarakat Prodi UTS. Digelar di Kantor Desa Pattaneteang, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng (1/10/2021)

Kegiatan yang bertema, pendidikan sebagai sumber ilmu pengetahuan dilaksanakan di kantor Desa Pattaneteang dengan peserta yang terdiri dari anak-anak muda di desa tersebut. Kegiatan juga dihadiri langsung oleh kepala desa Pattaneteang yang tengah menjabat saat ini, Lukman,.S.KM.

Kepala desa yang dikenal sebagai kepala desa kreatif dan inovatif di Bantaeng tersebut mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan Prodi Politik UTS. Menurutnya, program ini sejalan dengan upayanya untuk memajukan daerahnya dengan mendorong anak-anak muda mengenyam pendidikan hingga ke perguruan tinggi.


“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kebetulan, saya tengah mendorong anak-anak muda di desa saya ini untuk sekolah hingga ke jenjang perguruan tinggi. Salah satu yang saya tengah kerjakan saat ini untuk mendorong bidang pendidikan ini adalah pembangunan jaringan internet ke sejumlah titik di desa kami. Tujuannya agar pelajar bisa mengikuti pendidikan, meski dari jarak jauh,”jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, para pengajar program studi Ilmu Politik UTS menyampaikan pentingnya pendidikan bagi generasi muda. Terlebih dengan perkembangan teknologi informasi yang berbasis internet dan teknologi digital saat ini yang meretas batas-batas negara dalam aspek sosial, ekonomi, politik, budaya, dan lain-lain.

“Kalau kita tidak terdidik dan memiliki pendidikan maka kita akan minder dalam pergaulan sosial skala global dalam media baru yang berkembang saat ini. Bayangkan saja, di media internet, kita dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang berasal dari berbagai negara yang jauh. Kita bisa saja menjalin pertemanan, membangun jaringan usaha dan bisnis dengan mereka bila kita memiliki pengetahuan dan latar pendidikan yang baik,”jelas Cristine, salah seorang dosen Ilmu Politik UTS.

Dalam momentum ini, Cristine dan dosen lainnya juga menyampaikan penyuluhan tentang cara mengenali informasi hoaks yang banyak berkembang melalui platform media baru.

Selain Cristine, turut hadir menyampaikan materi penyuluhan, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UTS, St. H. Zubaedah,M.Si yang juga bagian dari pengajar di Prodi Ilmu Politik.

“Kami berharap anak-anakku dari Desa Pattaneteang menjadikan pendidikan sebagai pilar dalam membangun desa. Menciptakan kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat desa,” tukasnya.

Artikel Lain