PEMBEKALAN KULIAH KERJA NYATA PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UTS

2017-11-05 08:35:36 author by budi

Universitas Teknologi Sulawesi memiliki komitmen untuk menyelenggarakan KKN sebagai salah satu pemenuhan kurikulumnya. KKN ini selain sebagai perwujudan dari darma pengabdian kepada masyarakat namun lebih dari pada itu KKN juga sebagai komitmen UTS terhadap pembangunan dan pemberdayaan masyarakat kota dan desa. Saat ini UTS menyelenggarakan KKN untuk kesekian kalinya, dengan memenempatkan mahasiswa di dua lokasi, yaitu Kota Makassar dan Kabupaten Bantaeng.

jhfhjgkj

KKN dilaksanakan dengan ketentuan tiga hari pertama dipergunakan untuk observasi dalam rangka untuk menemukenali potensi dan masalah yang terdapat di desa Pattaneteang, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng dan di Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Selanjutnya dipergunakan untuk melaksanakan program kerja bersama masyarakat. Dalam rangka pemetaan potensi dan masalah serta pelaksanaan program Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPkM) selaku penyelenggara KKN telah melaksanakan pembekalan kepada mahasiswa peserta KKN dari tanggal 04 November sampai dengan 05 November 2017. Pembekalan ini juga dilaksanakan agar mahasiswa tahu dan mengerti visi misi dan tujuan KKN ini, siap secara mental dan paham akan arti pentingnya KKN di masyarakat.

Dalam pembekalan ini disampaikan materi berupa Konsep Dasar KKN oleh Drs. H. Andi Zainal Gunawan, SH., M.Si., selaku Wakil Rektor II, Observasi oleh Wakil Rektor I, Drs. Andi Alimuddin, M.Si., Penyusunan Program Kerja oleh Ketua Panitia KKN Sattar Yunus, S.Pd., ST., MT., PhD., kondisi lokasi KKN oleh Drs. H. Akbar Yusuf., M.Si Sekretaris Camat Mamajang serta Pedoman Penyusunan Program Kerja dan Laporan Akhir KKN oleh Budiawan, S.IP., M.Si.

Kegiatan pembekalan KKN ini dibuka oleh Drs. H. Ridwan Borahima, SH., M.Si selaku Rektor UTS di Ruang Aula tanggal 04 November 2017, yang dihadiri oleh mahasiswa (calon peserta KKN), dosen, staf dan panitia, dalam pesannya beliau berpesan agar mahasiswa bisa bermanfaat bagi masyarakat, melalui program-program yang tepat sesuai bidang studi masing-masing mahasiswa, dan mahasiswa bisa bersikap santun, bisa berbaur dengan masyarakat sekitar dan menjaga nama baik UTS. (Budiawan/)

Artikel Lain